JBFlXdBWNjsU5RTVHVD0qtX23DFmHA5b0PPzkAXm

CURUG CIKASO


 (Curug Cikaso) merupakan salah satu air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug Luhur, namun nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat sekitar dikarenakan aliran airnya berasal dari anak sungai Cikaso. 

Gak kebayang sebelumnya kalau di jawa barat ada tempat kayak gini, waktu saya ke sana tempatnya bisa dibilang masih perawan. kenapa saya bilang begitu, karena belum banyak orang tahu, belum begitu ramai dan akses ke lokasi masih ala kadarnya. diawali dari daerah Surade  yang memakan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda dua atau empat hingga tiba di pertigaan Jalan Cikaso.
Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh, jalur pertama yaitu dari pertigaan/pasar Cinagen, Jampang Kulon lalu masuk ke arah cikaso, kurang lebih 5 km perjalanan. Sedangkan jalur kedua yaitu dengan memutar berkeliling dimulai dari pertigaan Cibarehong, Surade ke arah SMAN 1 Surade lalu masuk ke kiri, sekitar 3 km dari pertigaan Cibarehong.
Kondisi jalan menuju air terjun ini cukup menyulitkan, oleh karena itu sebelum menuju ke Curug Cikaso perlu dipastikan terlebih dahulu kelayakan kondisi kendaraan yang digunakan, dikarenakan banyaknya badan jalan yang berlubang, serta medan jalan yang berat, di mana banyak terdapat tikungan tajam, tanjakan, dan turunan curam.


Dari tempat parkir kendaraan menuju lokasi curug, kita harus jalan kaki melewati sawah sawah dengan kondisi jalan setapak yang kalau di musim hujan bisa dipastikan licin, becek dan gak ada ojek. hahaa... kurang lebih 20 menit perjalanan dari tempat parkir ke curug.



Nah, setelah sampai di lokasi, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat sangat indah, dengan air jernih yang mengalir. kalian gak akan bisa nahan godaan buat berendam atau sekedar basah basahan di sini. tapi kalau menurut saya sih gak afdol rasanya kalau gak berendam di sini, kapan lagi bisa ngerasain sejuknya air sungai yang gak kecampur klorin kayak air di rumah.


Oiya, hati hati kalau berendam di sana, batunya licin dan arusnya cukup deras kalau musim hujan. jangan lupa juga beli cendera mata yang bisa kalian temua di dekat lokasi, yah paling tidak selain foto juga ada barang lain yang bisa jadi bukti kalau kita pernah ke sana. hehehee...


Nah, setelah puas berendam pastinya perut butuh diisi bahan bakar alias makan. jangan khawatir, di sana ada warung yang  biasa menyuguhkan makanan khas. jadi kalian bisa makan sepuasnya di sini tapi jangan lupa bayar.
Related Posts
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar